1.
Pasar
Kalian masih
ingat kegiatan distribusi barang dan jasa pada materi sebelumnya? Kegiatan
penjualan yang dilakukan pedagang biasanya di pasar. Kita dapat melihat pasar
yang ada di lingkungan sekitar kita. Pasar tersebut bukan hanya untuk melakukan
transaksi jual beli, akan tetapi beberapa
orang ke pasar hanya untuk melihat-lihat atau sekedar mengetahui keadaan
barang dan harga. Kegiatan di pasar sangat ramai, apalagi kalau hari tersebut
merupakan hari pasaran. Mereka melakukan transaksi jual beli barang dengan
melakukan tawar-menawar lebih dulu. Setelah terjadi kesepakatan harga dan
memilih barang yang diinginkan biasanya akan terjadi transaksi jual-beli.
Pasar yang ada
di sekitar kita, ada yang tradisional dan ada juga yang modern. Coba bedakan
antara pasar tradisional dengan pasar modern? Perbedaan tersebut sebenarnya
dapat kita lakukan dengan melihat kualitas barang dagangan, cara penataan
barang, tempat, dan harga barang. Kegiatan pasar dapat kita lihat hampir
sepanjang hari.Pada dasarnya konsumen dapat memperoleh barang kebutuhannya di
pasar. Apakah pasar hanya mempunyai peranan sebagai penyedia barang kebutuhan
sehari-hari saja? Dalam
memenuhi kebutuhannya, manusia akan
berupaya untuk memperoleh barang dan jasa. Barang dan jasa yang diperlukan tersebut
sebagian besar disediakan oleh pasar. Kalau kita mencoba pergi ke pasar, maka
kita akan melihat hal- hal yang sangat penting dalam pasar. Kita akan melihat
berbagai jenis barang dagangan, ada penjual dan pembeli, dan ada tawar menawar
dalam transaksi jual beli.
Dalam
pengertian yang paling sederhana, pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan
pembeli untuk melakukan transaksi jual-beli.Pada era globalisasi saat ini
transaksi tidak hanya terjadi di pasar akan tetapi dapat pula melakukan transaksi
melalui sms atau jual beli secara online. Oleh karena itu pengertian pasar
tidak terbatas pada tempat bertemunya penjual dan pembeli, melainkan adanya
transaksi jual beli barang dan jasa yang disepakati oleh penjual dan pembeli.
Dari uraian tersebut jelas bahwa pengertian pasar secara luas merupakan sarana
bertemunya penjual dan pembeli, baik secara langsung maupun tidak langsung
untuk melakukan jual beli atau proses terjadinya interaksi antara penjual dan
pembeli untuk mencapai kesepakatan harga dan jumlah barang atau jasa yang
diperjualbelikan.
Ada unsur
penting yang harus dipenuhi dalam membentuk suatu pasar, antara lain; adanya
barang yang diperjualbelikan walaupun hanya berupa sampel ( contoh ), adanya
penjual dan pembeli walau tidak bertemu langsung, ada kesepakatan antara
penjual dan pembeli, dan adanya media komunikasi antara penjual dan pembeli.
Pada mulanya pasar terbentuk dalam tingkat lokal, seiring dengan perkembangan
pertukaran barang yang semakin meningkat, lambat laun pasar menjadi sangat
luas. Pada masa lalu hanya pada tingkat desa, kecamatan, kota/ kabupaten,
propinsi, nasional, dan bahkan tingkat internasional. Ini disebabkan oleh
meningkatnya ilmu pengetahuan dan teknologi, semakin beragam dan jumlah barang
yang diperjualbelikan, serta semakin majunya alat transportasi. Dengan
diberlakukanya perdagangan bebas antar negara di dunia ini maka barang
komoditas semakin bertambah, baik dari segi kuantitas maupun kualitas.
Pasar memiliki
fungsi, antara lain sebagai berikut:
a.
Fungsi
Distribusi
Fungsi
distribusi pasar dimaksudkan untuk memperlancar distribusi barang dari produsen
ke konsumen.Melalui transaksi jual-beli produsen dapat memasarkan barangnya
baik secara langsung maupun melalui perantara.Melalui pasar inilah konsumen
dapat memperoleh barang yang diinginkan secara mudah dan cepat.Lancarnya
distribusi barang dan jasa menunjukkan berfungsinya pasar secara baik.
b.
Fungsi
Pembentuk Harga
Fungsi pembentuk harga, pasar
mewujudkan kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.Transaksi penjual dan
pembeli pada mulanya melakukan tawar-menawar dan akhirnya terjadi kesepakatan
harga. Tawar-menawar ini dilakukan agar terjadi kesepakatan harga antara
penjual dan pembeli.Pembeli biasanya membeli barang dengan memperhitungkan
manfaat atau kegunaan dari barang, sedangkan pedagang biasanya memperhitungkan
laba yang diinginkan.Hal inilah yang menimbulkan perbedaan sehingga terjadi
tawar- menawar harga.
c.
Fungsi Promosi
Promosi artinya
memperkenalkan hasil produksi kepada masyarakat, melalui fungsi ini pasar menjual
barang sekaligus memperkenalkan hasil produksinya kepada masyarakat.Barang
dagangan biasanya di pajang di tempat yang terlihat oleh konsumen. Dengan
memajang barang hasil produksi tersebut diharapkan dapat menarik minat konsumen
untuk membelinya. Fungsi promosi ini sangat menentukan omzet penjualan apalagi
ditunjang dengan kualitas barang bagus dan harga murah.
Syarat terjadinya Pasar adalah :
a. ada pembeli dan penjual
- ada barang yang diperjualbelikan
- adanya media untuk interaksi
- terjadinya
kesepakatan
Pasar banyak macamnya dan pada
dasarnya pasar dapat dibedakan menurut beberapa kriteria, antara lain sebagai
berikut.
a.
Macam
Pasar Menurut Wujudnya
1)
Pasar
konkrit adalah pasar nyata atau pasar yang unsur-unsur pasarnya, seperti
penjual, pembeli, dan barang yang diperjualbelikan ada disitu. Contoh dari
pasar ini yaitu pasar yang setiap hari kita kunjungi untukmembeli barang
kebutuhan sehari-hari. Barang yang kita beli dapat langsung kita lihat dan
dipilih, sehingga tahu kualitas dari barang tersebut. Selain itu antara penjual
dan pembeli langsung melakukan transaksi di pasar tersebut.
2) Pasar abstrak, yaitu pasar yang antara penjual dan pembeli dan barang yang diperjualbelikan tidak dapat bertemu langsung di dalam pasar akan tetapi transaksi dilaksanakan melalui alat komunikasi dan barang yang diperjualbelikan sudah diketahui betul oleh pembeli. Seperti kalau kalian ingin pesan Pizza hanya melalui telepon dan barang akan diantarkan ke alamat kita.
b.
Menurut
Jenis Barang yang Diperdagangkan
1)
Pasar
barang konsumsi, yaitu pasar yang memperjualbelikan barang- barang keperluan
sehari-hari. Contoh, pasar ikan, pasar buah-buahan,
2)
Pasar
barang produksi, yaitu pasar yang menyediakan keperluan faktor-faktor produksi.
Contoh pasar ini antara lain ; pasar tenaga kerja yang merupakan tempat tenaga
kerja mencari lapangan pekerjaan, dan pasar modal.
c.
Menurut
Luas Jaringan Distribusi
1)
Pasar
setempat, yaitu pasar yang digunakan oleh masyarakat di wilayah sekitar dan
melibatkan penjual dan pembeli di sekitar daerah tersebut. Bentuk dan jenis
barang yang diperdagangkan sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosial budaya
setempat. Seperi pasar Klewer di Solo atau pasar Bringharjo di Yogjakarta yang
menjual batik hasil daerah tersebut. Penjual pada pasar ini memakai kain batik
untuk melestarikan budaya sehingga permintaan batik pada daerah ini sangat
banyak dan ini berbeda dengan permintaan batik di daerah lain.
2)
Pasar
nasional, yaitu pasar yang cakupan pembelinya dalam wilayah suatu negara.
Penjual dan pembeli dari berbagai daerah di wilayah negara tersebut. Produk
yang dijual dibutuhkan oleh masyarakat negara tersebut.
3)
Pasar
regional yaitu pasar yang daerah pemasarannya meliputi beberapa negara yang
berada dalam suatu kawasan. Pasar ini biasanya dibawah suatu organisasi yang
berada dalam wilayah kawasan tersebut.
4) Pasar international yaitu pasar yang menyediakan komoditas barang dagangan untuk rakyat seluruh dunia. Biasanya komoditi yang dijual merupakan produk-produk yang dibutuhkan oleh seluruh masyarakat.
d.
Menurut
Waktu Penyelenggaraan
1)
Pasar
harian, yaitu pasar yang melakukan kegiatan setiap hari dan menjual
barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari. Contoh pasar ini antara lain, pasar
induk yang terdapat di sekitar daerah kalian.
2)
Pasar
mingguan yaitu pasar yang yang dilaksakan seminggu sekali. Contoh pasar ini
antara lain pasar hewan yang hanya buka seminggu sekali.
3)
Pasar
bulanan yaitu pasar yang kegiatannya sebulan sekali. Pasar ini dapat kita temukan di daerah industri
atau kantor pos. Pasar ini dibuka pada saat karyawan pabrik gajian atau
pembayaran pensiunan pegawai pos.
4)
Pasar
tahunan yaitu pasar yang diadakan setahun sekali. Pasar ini bersifat nasional
maupun internasional. Penyelenggaraan pasar ini sebagai ajang promosi untuk
produk-produk tertentu ataupun produk baru. Contohnya antara lain : PRJ (Pekan
Raya Jakarta), dan Pasar malam sekatenan di solo.
e.
Menurut
Organisasi/Strukturnya
1)
Pasar
persaingan sempurna, yaitu pasar di dalamnya banyak terdapat penjual dan
pembeli yang sama-sama telah mengetahui siatuasi pasar. Barang yang
diperjualbelikan homogen (sejenis), penjual dan pembeli tidak bebas menentukan
harga karena harga ditentukan oleh kekuatan pasar. Contoh pasar ini antara
lain, pasar sayur-mayur, pasar buah- buahan, dan pasar tekstil di Tanah Abang.
2)
Pasar
persaingan tidak sempurna, yaitu pasar penjual dan pembeli memiliki kebebasan
dalam menentukan harga dan jumlah barang yang diperjualbelikan. Dalam pasar ini
penjual dan pembeli dapat mempengaruhi harga.
2.
Harga
Harga ialah
nilai tukar suatu barang yang dinyatakan dengan uang. Dalam ilmu ekonomi yang
dimaksudkan dengan harga pasar ialah harga yang disepakati pihak penjual dan
pembeli, dan pada harga ini barang yang diminta sama dengan jumlah barang yang
ditawarkan. Harga pasar dapat disebut juga sebagai harga keseimbangan, karena
pada harga tersebut ada keseimbangan antara jumlah barang yang ditawarkan dan
jumlah barang yang diminta seimbang.
Terbentuknya harga pasar ini melalui proses tawar-menawar terlebih dahuluantara penjual dan pembeli. Harga pasar ini terjadi setelah adanya kesepakatan harga antara penjual dan pembeli.
Macam-macam harga
a. Harga pokok : harga barang sesuai biaya
produksinya
- Harga jual : harga pokok ditambah dengan laba
yang diinginkan
- Harga subyektif : harga taksiran dari penjual dan
pembeli terhadap suatu barang
- Harga pasar/keseimbangan : harga kesepakatan
antara penjual dan pembeli dari transaksi tawar-menawar
*Rujukan : Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 / Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.
Bisa juga membaca materi lengkapnya di Buku Paket Mata Pelajaran IPS klik disini
Setelah membaca materi bisa mengerjakan soal latihan klik disini
0 Comments:
Posting Komentar
Bagikan Komentarmu